News & Update

Desktop
Powered by Clocklink.com

Rabu, 28 Maret 2012

Cara mengecek Hard Disk anda..

Komputer adalah kumpulan dari sirkuit dan bagian elektronika digital. Setiap saat bagiannya dapat saja mengalami kerusakan. Salah satu bagian penting dari komputer yang sering mengalami kerusakan atau error adalah hard disk.

Hard disk error memungkinkan Anda kehilangan semua data-data penting yang tersimpan di hard disk, apalagi jika Anda tidak memiliki backup-nya di komputer lain. Namun sangat jarang sekali hard disk rusak seketika, biasanya akan ada gejala tertentu pada komputer sebelum hard disk benar-benar rusak. Untuk itu Anda harus secara rutin mengecek kesehatan hard disk komputer Anda. Berikut ini tips cek hard disk error, agar Anda dapat dengan mudah mengenali tanda-tanda awal kerusakan hard disk dan Anda dapat melakukan tindakan untuk mengatasinya.

Tips Cek Hard Disk ErrorSemua versi Windows memiliki utilitas untuk memeriksa kesehatan hard disk. Anda dapat menggunakan utilitas ini di kedua mode perintah dan juga dalam mode baris. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan mode grafis karena mudah dan lebih cocok untuk pengguna komputer biasa.

Pertama-tama klik tombol Start dan ketik CMD pada kotak Search. Anda dapat melihat CMD tersedia dalam program, cukup klik kanan di atasnya dan klik Run as administrator. Sekarang kotak command tersedia di depan Anda, untuk memulai disk cek ketik saja perintah seperti pada gambar di bawah ini dan tekan enter.

Anda dapat mengganti drive C: dengan drive lainnya seperti drive D: atau drive lainnya. Perintah ini akan memeriksa hard disk secara lengkap dan Anda dapat memperbaikinya juga menggunakan perintah chkdsk jika Windows menemukan masalah pada hard disk Anda.

Tips Cek Hard Disk ErrorAlternatif lain untuk memeriksa kesehatan hard disk adalah dengan menggunakan utilitas grafis dari perintah chkdsk. Anda dapat mengakses pilihan pengecekan error dari properti dari setiap drive yang terdapat di sistem. Anda cukup klik kanan pada drive yang ingin Anda cek dan pilih properti lalu tab Tools. Pada tab Tools Anda dapat menemukan tombol Check now. Setelah Anda klik tombol tersebut, Akan diberikan pilihan scan secara otomatis memperbaiki kesalahan sistem file. Terakhir klik pada tombol Start untuk mulai memeriksa proses.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More